Selasa, 19 April 2011

Perubahan Teknologi

Pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang Perubahan Teknologi. Yang akan saya bahas adalah tentang Perubahan  Musik Rekaman (Music Record).

Teknologi rekaman akustik pertama dikembangkan di tahun 1877 oleh Thomas Edison. Dia memproduksi prototype phonograph, pemutar rekaman, yang memutar lagu Mary Had A Little Lamb.
Bisnis phonograph yang awalnya sukses dengan Victrola, yaitu phonograph yang didisain untuk digunakan di rumah, namun gagal di pasaran karena semakin populernya radio di tahun 1924. Lalu orang berbondong-bondong beralih mendengar radio yang memutarkan musik gratis. Meskipun nantinya keadaan akan berbalik, dimana indutri rekaman dan radio akan saling menunjang penjualan musik rekaman.
Penemuan teknologi baru membuat kualitas suara yang dihasilkan lebih baik. Pita magnetik yang dikeluarkan oleh 3M berkualitas lebih jernih, lebih murah dan gampang diedit. Perusahaan rekaman dapat memproduksi rekaman yang berkualitas dengan harga lebih rendah.
Kemudian muncullah penemuan Compact Disc tahun 1982.
Teknologi reproduksi CD baru benar-benar memegang dalam hal volume pada tahun 2005 dan volume untuk kaset kini terpuruk ke tingkat unviable. Namun, kita juga mendengar bahwa volume CD menurun sebagai musik download dari internet menjadi lebih populer. Awalnya CD diragukan karena kualitas suara yang kurang halus.
Fasilitas pemutar CD pada komputer membuat semakin mudahnya memindahkan data digital lewat internet. Menghadapi masalah pembajakan, perusahaan rekaman menuntut situs Napster pada tahun 2000 yang menyediakan pungunduhan musik digital gratis. Tapi usaha tersebut tidak membuahkan hasil kerena internet tidak bisa dibendung. Menyiasati kenyataan tersebut banyak artis justru memanfaatkan situasi dan menjual lagu lewat situs internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar